Posting Lama Posting Lebih Baru

STAN Tidak Lagi Ikatan Dinas, Harus Tes Lagi, Banyak Alumni Menganggur???

Mungkin sudah beredar rumor di masyarakat bahwa saat ini Sekolah Tinggi Akuntansi Negara  (STAN) tidak lagi ikatan dinas dengan Kementerian Keuangan. Banyak Alumni STAN yang menganngur begitu lulus kuliah.

Baiklah, mungkin saya ingin meluruskan rumor yang lagi "booming" tersebut. Kita mulai dulu dengan rumor "STAN" tidak lagi ikatan dinas.

Perkenalkan dulu saya adalah alumni STAN tahun 2013 (tepatnya wisuda pada bulan oktober 2013). Sampai dengan saat ini (september 2014) STAN masih ikatan dinas. Saya ingat harus tanda tangan Surat Ikatan Dinas 2 kali, yaitu waktu semester 1 dan semester 6. Jadi seluruh lulusan STAN wajib menjadi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan minimal selama 10 tahun. Dengan kata lain, jika tidak nurut diwajibkan membayar ganti rugi dengan menyetor ke kas negara sebesar kurang lebih Rp30.000.000,-. Aneh ya, keluar malah didenda haha. Iya emang gitu, soalnya waktu kuliah kan udah dibiayai negara. Dengan kata lain negara sudah mengeluarkan duit banyak untuk membiayai kami. Oleh karena itu negara juga tidak mau rugi, kami harus membalas jasa negara dengan mengabdi kepadanya minimal 10 tahun.

Sekarang kita bahas rumor kedua bahwa "Banyak alumni STAN yang menganggur".
Rumor nomor 2 ini memang benar bahwa banyak alumni STAN yang menganggur. Bahwa sejak tahun 2013 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) menerbitkan Peraturan bahwa "seluruh mahasiswa sekolah kedinasan seperti STAN, IPDN, AMG, STIS, dll wajib mengikuri Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebagai syarat menjadi PNS". Dalam kasus ini TKD STAN dilaksanakan setelah mahasiswa lulus kuliah. Nah, TKD STAN dilaksanakan mengikuti jadwal TKD bagi CPNS umum yang notabenne dilaksanakan pada bulan Agustus-September. Mau tidak mau kita yang lulus pada bulan oktober harus menunggu pelaksanaan TKD pada bulan Agustus-September pada tahun berikutnya. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa STAN menganggur selama kurang lebih 1 tahun.

Namun yang perlu digarisbawahi bahwa tidak semua mahasiswa STAN menganggur selama masa tunggu itu. Justru banyak diantara mereka yang memanfaatkan momen itu untuk mencari PENGALAMAN di luar. Mungkin mereka yang mengganggur adalah mereka yang memilih untuk memfokuskan diri dengan keluarga atau mungkin mereka yang terbelenggu dengan ZONA NYAMAN.

Selama masa tunggu, banyak mahasiswa STAN yang memanfaatkannya untuk MAGANG/ KERJA di LUAR, magang di kantor pemerintah, atau mungkin mengikuti kursus. Sekedar sharing saja, selama masa tunggu banyak temenku yang KERJA di Kantor Akuntan Publik (termasuk saya), MAGANG di PT tertentu, MAGANG di Kantor Pelayanan Pajak, MAGANG di Sekretariat Jendral, dan lain-lain. Mungkin perlu bloggers tahu, Alumni STAN masih memiliki prospek bagus di luar sana. Banyak Badan Usaha yang malah "MENCARI KITA", terutama para Kantor Akuntan Publik. Sesaat setelah kami lulus, banyak tawaran kerja dari Kantor Akuntan Publik di wilayar Jakarta. Mereka memakai sistem kontrak, rata-rata ada  3 atau 6 bulan. Namun meskipun ada "sistem kontrak" tidak serta merta harus dipenuhi 3 atau 6 bulan. Rata-rata mereka fleksibel. Bisa dibilang Surat Perjanjian Kontrak tersebut tidak lebih dari formalitas. Artinya, jika sebelum kontrak habis tiba-tiba dilaksanakan TKD tidak masalah untuk resign. Atau mungkin akan bisa lanjut kerja meskipun kontrak sudah habis. Hal-hal seperti ini perlu dibicarakan bersama dengan pimpinan saat penandatanganan Surat Perjanjian Kerja.

Sekedar sharing saja, selama masa tunggu saya manfaatkan untuk kerja di salah satu Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Jakarta. Surat Perjanjian Kerjanya sih 6 bulan. Namun faktanya, malah keterusan kerja hampir setahun hahaha (kalo ini mah tergantung kemampuan lobi melobi dengan partner hehe). Saya masuk pada bulan November 2013 dan sampai saat post ini dirilis saya masih kerja di sana ^ ^. Banyak sekali pengalaman yang saya dapat berkat "MASA TUNGGU" itu. Karena bekerja di Kantor Akuntan Publik yang notabenne adalah Auditor, saya dapat banyak ilmu berkaitan dengan audit. Bisa saya bilang saya baru "ngeh"/ "paham" AKUNTANSI dan AUDIT setelah saya kerja di KAP. Setidaknya bisa percaya dengan kalimat pada bukunya "Warren Reeve Fees" bahwa "AKUNTANSI adalah SENI". Baru ngeh dengan "prosedur audit" yang dijelaskan pada bukunya "Arrens". Pertama kalinya "terbang" ke Bengkulu karena punya klien audit di sana. Melihat sendiri lembut dan manisnya Gadis Garut karena pernah mengerjakan proyek di sana hehehe. Punya kesempatan bersalaman dengan Bapak M. Jusuf Kalla di Dewan Mesjid Indonesia. Punya gambaran bahwa bekerja di perusahaan swasta itu seperti apa dan masih banyak lagi pengalaman yang aku dapatkan. Kalo ditulis semua sih mungkin lebih tebal daripada Novel "Harry Potter" hehehe..

Intinya banyak hal yang bisa kita lakukan di waktu "MASA TUNGGU" tersebut yang tidak akan pernah kita dapatkan SETELAH menjadi PNS nanti. Mungkin itu dulu sedikit celotehan dari saya, kalo ada hal-hal yang ingin ditanyakan bisa disampaikan melalui form "komentar" di bawah. SALAM.










Anda telah membaca artikel STAN Tidak Lagi Ikatan Dinas, Harus Tes Lagi, Banyak Alumni Menganggur???. Anda boleh mengkopy-paste artikel ini dengan syarat harus mencantumkan sumber artikel. Terimakasih Telah Berkunjung.

45 Responses to “STAN Tidak Lagi Ikatan Dinas, Harus Tes Lagi, Banyak Alumni Menganggur???”

  1. bekerja di bagian apa mas?custom atau apa?

  2. Alhamdulillah dapet di DJP

  3. Selamat bergabung di Kemenkeu dek :D

  4. apakah semua mahasiswa STAN lulus TKD dan jadi PNS? bagaimana dengan lulusan STAN yang tidak lulus TKD? ngulang lagi apa gimana? apa ada jaminan lulus TKD? makasi kak:)

  5. Sejak tahun 2013, lulusan STAN wajib ikut TKD. Tidak hanya STAN saja tapi perguruan tinggi kedinasan lain, seperti IPDN, STIS, dll. Angkatan saya tidak semua lulus TKD dan secara otomatis tidak akan diangkat sebagai PNS

  6. klo mengikuti penjelasan Anda, artinya yg ikatan dinas adalah yg lulus tkd. sedangkan yg tidak, tidak terikat ikatan dinas. dari sini bs disimpulkan stan tidak ikatan dinas, apakah demikian? :)

  7. justru sekolah kedinasan itu seperti itu mas. TKD merupakan serangkan tes yang harus dilalui mahasiswa kedinasan. Mulai masuk sampe lulus, tiap kali kita di tes. Tiap semester selalu disaring, kalo nilainya tidak mencukupi konsekuensinya D.O dan secara otomatis tidak akan jadi PNS. Sekolah kedinasan memang seperti itu. Begitupun dengan tes TKD, kalo gak lulus ya sama aja D.O

  8. Masuk stan susah nggak sih mas,
    Kalo lulusan smk bisa nggak mas?

  9. gampang bagi mereka yang siap. saya juga dari smk kok

  10. Terima kasih infonya

  11. Kok aneh yah kakak saya langsung di tugaskan pas lulus, tpi klo sekarang harus ikut tkd lagi :(( ini mah meningan kuliah biasa atuh hehehe

  12. mungkin rejekinya mas, kalo dulu bisa langsung kerja. Gak mas, kalo kuliah biasa kan harus bayar to :P

  13. ka,kasih saran/tips dong agar bisa masuk stan?

  14. Misal tdk lulus TKD bagaimana kak?

  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  16. Daniel Bobby Putra P. @ Coba dek ikutan Lembaga Bimbingan Belajar masuk STAN, kurasa sangat membantu dan memberi gambaran yang cukup
    pratama. adhi @ tidak lulus TKD tidak jadi PNS

  17. Apakah tiap tahunnya stan membuka pendaftaran unk maba?

  18. Kalo tdk lulus tkd berarti ga jadi pns dong. Katanya kan harus ngapdi minimal 10 tahun. Itu gimana? Apakah harus nyetor jg 30jt ke kas negara ? Mohon djwab mas. Terima kasih

  19. Kalo tdk lulus tkd berarti ga jadi pns dong. Katanya kan harus ngapdi minimal 10 tahun. Itu gimana? Apakah harus nyetor jg 30jt ke kas negara ? Mohon djwab mas. Terima kasih

  20. tergantung kebutuhan apakah stan membuka pendaftaran atau tidak tapi dengan berubahnya status stan menjadi politeknik keuangan negara dimungkinkan akan ada terus pendaftaran untuk setiap tahun nya, tp tergantung permintaan menteri juga sih.
    Kalo tidak lulus tkd berarti harus membayar ganti rugi, untuk nominalnya 60jt an (ralat bukan 30jt) juta. Tapi jangan takut duluan... TKD pasti lulus kan anak stan pinter2.

  21. sebenarnya masih ikatan dinas berdasarkan surat pengumuman pembukaan pendaftaran PKN STAN kemarin, masalah tes terlebih memang benar akan tetapi hampir lulusan STAN bisa melewati tes tersebut

  22. Mas,Seandainya nggak lulus TKD 1 kali. Terus tahun depan apa masih bisa ikut TKD atau enggak ? Terus maksudnya di DO kalo nggak lulus TKD itu,gimana ? Apakah kalo kita nggak lulus TKD 1 kali langsung di DO nggak bisa jadi pns pada tahun itu dan bisa ikut TKD pada tahun depan atau ya setelah nggak lulus TKD 1 kali di DO dan nggak bisa jadinpns selamanya ?

  23. Kasihan banget kalo sistemnya seperti ini,kalo memang gak layak seharusnya sejak awal gak di terima aja.lha kok setelah lulus baru ikut TKD lagi utk jadi PNS .kasihan juga mereka yg gak lulus sudah rugi waktu juga rugi uang dan otomatis keluarga juga beban moral sama lingkungan sudah sekolah di STAN kok malah gak isa PNS !tolong pihak yg terkait di tinjau ulang dech sistemnya, maksudnya lebih baik kembali ke sistim lama,kasihan bagi mereka yg gak lulus TKD setelah lulus.( pak Mentri tolong di tinjau ulang yaaaa ) kasihan mereka.

  24. Kasihan banget kalo sistemnya seperti ini,kalo memang gak layak seharusnya sejak awal gak di terima aja.lha kok setelah lulus baru ikut TKD lagi utk jadi PNS .kasihan juga mereka yg gak lulus sudah rugi waktu juga rugi uang dan otomatis keluarga juga beban moral sama lingkungan sudah sekolah di STAN kok malah gak isa PNS !tolong pihak yg terkait di tinjau ulang dech sistemnya, maksudnya lebih baik kembali ke sistim lama,kasihan bagi mereka yg gak lulus TKD setelah lulus.( pak Mentri tolong di tinjau ulang yaaaa ) kasihan mereka.

  25. Lulusan smk tetapi sudah menggangur 1 tahun apakah masih bisa masih dikasih kesempatan untuk masuk kuliah Stan?

  26. Kalo untuk merubah siatem itu sudah kebijakan dari atas om,yg pasti telah melalui berbagai pertimbangan. Bagi mereka yang bener2 niat untuk lulus tidak merasa berat om, seperti saya sendiri. Lulusan stan memang benar2 hasil fileriasi.

  27. Bisa. Asalkan umurny masih memenuhi syarat.

  28. Tenang, untuk lulusan STAN ada mekanisme sendiri dalam hal TKD.

  29. Betul sekali boss

  30. Kalo misalnya udah lulus tkd dan jadi pns kita kerjanya apa dong kak? Maaf aku baru kls 2 SMA tapi pengen tau tentang STAN ini aja nyari2 info hehe :)

  31. Kerja di kementerian keuangan, instansi vertikalnya ada banyak coba saja search di google, seperti kantor pelayanan pajak, kantor pelayanan bea cukai. Dll

  32. Yah tetep aja namanya PHP kalo tidak lulus, khan faktor insidentil seperti sakit bisa bikin kita jadi ngga lulus, seharusnya TKD dibuat di awal sebelum mahasiswa masuk STAN itu lebih fair, jd kalo ga keterima ya ga bsa masuk stan, negara juga ga dirugikan, seperti dibeberapa sekolah kedinasan yang lainnya.

  33. Yah tetep aja namanya PHP kalo tidak lulus, khan faktor insidentil seperti sakit bisa bikin kita jadi ngga lulus, seharusnya TKD dibuat di awal sebelum mahasiswa masuk STAN itu lebih fair, jd kalo ga keterima ya ga bsa masuk stan, negara juga ga dirugikan, seperti dibeberapa sekolah kedinasan yang lainnya.

  34. Untuk saat ini TKD sudah dilaksanakan di AWAL, berbarengan dengan tes MASUK STAN

  35. Kak,STAN kan udah nggak ikatan dinas. jadi, kuliahnya bayar atau nggak?

  36. Sampai.saat ini stan.masih ikatan dinas dan kuliah nya masih gratis

  37. Enak ya kak ada pengalaman di KAP, saya wisuda STAN oktober 2016, bulan november udh TKD syukurlah lulus, tapi sayangnya ga sempet magang di KAP hhee.. sejak jaman Bu SMI jadi lebih cepat

  38. terus sekarang kerja dikemenkeu nggak kak?

  39. Kak kan stan itu ada d3 smpai d4 yah, trus yg membedakan d1 dgn d4 nantinya itu apa? Apa gaji llsan d1 lebih kecil atw gimana?

  40. Iya donk, alhamdulillah :) saya di pajak dek

  41. Kalo di pajak ya dek..
    Antara d1,d3, dan d4 itu percepatan jenjang karirnya tdk sama, untuk masalah gaji jelas beda dong. D1 jadi pns golongan IIa, d3: IIc dan d4: 3a. Ada beberapa jabatan yg mensyaratkan golongan paling rendah IIc atau bahkan IIIa. Jadi mending pilih d4 aja langsung, karir nya cepet dan yg pasti take home pay ny beda.

    Hapus

  42. Ka mo tanya klo lulusan d3 gol IIC itu take home pay nya berapa ya kalau di djp???

  43. Btw aku skrg d3 akuntansi, lagi bingung nih ka penempatan bisa ga di kemenkeu lagi :(

  44. Btw aku skrg d3 akuntansi, lagi bingung nih ka penempatan bisa ga di kemenkeu lagi :(

Leave a Reply

Silakan komen di bawah ini. Anda dapat memilih mode anonymus jika belum memiliki satu pun jenis akun . Kritik dan saran sangat diharapkan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2010 Belajar Bersama Suffusion theme by Sayontan Sinha. Converted by tmwwtw for LiteThemes.com.