Posting Lama Posting Lebih Baru

Gambaran Umum Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Computer Assissted Test (CAT) CPNS 2014

Oke sobat, kali ini saya mau sharing masalah TKD (Tes Kompetensi Dasar) yang menjadi salah satu tahapan tes yang harus dilalui dalam Tes CPNS 2014. Yang dilaksanakan dengan sistem CAT( Computer Assissted Test). Tes ini yang Insya Allah akan saya lalui juga sebagai salah satu lulusan mahasiswa kedinasan. Melalui blog ini marilah kita BELAJAR BERSAMA untuk sekedar sharing pengalaman dan ilmu. Karena saya percaya, sesuatu yang justru bertambah jika dibagi-bagikan adalah “ilmu”. Namun, sebelumnya mari kita ucapkan “Salam Super” biar menambah semangat dalam pembahasan CAT dan TKD  kali ini hehe

 Tes Kompetensi Dasar atau yang lebih akrab disapa dengan TKD merupakan salah catu bentuk tes dari sekian tes dalam penerimaan CPNS Tahun 2014. Untuk lebih jelasnya silakan dibaca pos “Kupas Tuntas Tes Kompetensi Dasar (TKD) Tahun 2014.” Sejak Tahun 2013 Lalu TKD dilaksanakan dengan metode CAT (Computer Assissted Test). Ya benar, sesuai namanya Tes ini dilakukan dengan media komputer. (udah gak jaman kali ya ngerjain ujian pake LJK hehe). Hal ini merupakan gebrakan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam penerimaan CPNS tahun 2014.

Dikatakan efektiv karena dengan metode CAT ini, setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh program CAT ini. Dikatakan efisien karena kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan LJK (udah 2014 bro, jamannya paperless hehe). Begitu juga dengan penilaian CAT yang dilakukan secara objektiv dan transparan karena yang menerima hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT.

Satu hal yang bisa dibilang keren dalam penggunaan sistem CAT ini adalah skor/ nilai peserta ujian langsung keluar begitu selesai mengerjakan soal/ waktu telah habis. TKD berisi 100 soal dengan disediakan waktu 90 menit. Begitu waktu udah 90 menit, muncullah nilai Anda, waw serem ya.. , eh keren ya hahaha. Atau mungkin sebelum 90 menit Anda sudah selesai mengerjakan soal. Anda bisa menekan tombol finish dan bisa langsung melihat skor Anda.

Badan Kepegawaian Negara teleh menyiapkan ruangan khusus, yang lengkap dengan perangkat komputer untuk pelaksanaan ujian. Info yang saya dengar sih, satu ruangan berisi 40 komputer. Setiap peserta disediakan satu komputer untuk mengerjakan soal TKD. Karena server telah memiliki bank soal yang jumlahnya banyak, soal yang diterima setiap perserta tidak sama. Selain itu, pelaksanaan tes tidak harus serempak (dalam waktu yang sama) seperti jaman dahuluuuuuu kala. Meski tidak serempak, tidak mungkin soal bocor karena BKN telah memiliki jutaan soal yang akan diacak.

Pembahasan mengenai TKD menjadi hal yang menarik karena TKD merupakan tes yang konon katanya menjadi tes  paling sulit dalam penerimaan CPNS. Untuk mengerjakan soal-soal TKD perlu persiapan yang cukup karena di dalamnya berisi materi yang mengharuskan kita untuk mereview kembali mengenai pelajaran sejarah nasional maupun internasional. Oleh karena itu, mau tidak mau ya harus baca-baca lagi buku sejarah waktu sekolah atau mungkin bisa cari di internet. Tenang saja, banyak kok. Salah satu sumber yang menurut saya bisa lebih dipercaya adalah “wikipedia.org”. Yah, tapi pembahasan di sana emang sangat detail, lumayan bikin kepala pening wkwkwkwk.

Selain itu, ada juga soal-soal tentang logika matematika (dasar) yang konon sih sering dijadikan soal dalam tes IQ. So, jika IQ Anda di bawah rata-rata pasti tidak bisa mengerjakannya. Wow.. serem ya.. haha, bercanda kok, jangan dianggap tidak serius, eh... jangan dianggap serius.

Di dalam TKD Ada juga soal tentang tes sikap dan kepribadian. Nah inilah yang katanya paling gampang. Iya gampang karena pertanyaannya berkaitan dengan sikap yang “seharusnya” kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya, “Sebagai pengendara motor, jika traffic Light menyala merah apa yang kamu lakukan. Opsi : A. Jalan Terus karena tidak ada Polisi, B. Jalan Terus karena pengendara lain banyak yang menerobos. C. Jalan terus karena sedang sepi, D. Berhenti karena lampu menyala merah menandakan pengendara harus berhenti. E. Tidak tahu. Hayoo, yang benar yang mana? Ya, bener yang D. Meski hal ini jarang kita lakukan ya, apalagi di Jakarta hahaha.

Sedikit pesan dari saya, pastikan kita berpegang pada prinsip “Semua Bisa Dipelajari, Semua Bisa Disiasati”. TKD yang oleh sebagian orang dibilang susah akan dapat kita tahklukkan jika kita mau belajar. Rajin mempelajari soal-soal cpns tahun lalu merupakan solusinya. Berapapun jumlah soal yang tertampung dalam bank soal pasti intinya membahas hal sama.  Soal-soalnya mungkin itu-itu aja (sama dengan tahun lalu), hanya saja disajikan dengan kalimat yang berbeda. Kalau soal hitungan, angkanya saja yang dirubah. Ok, keep spirit !!!! semoga tahun ini Anda lolos Tes CPNS 2014 dan menjadi kaum yang mampu membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Amin.





Baca Juga “Tips dan Trik Mengerjakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan metode Computer Assissted Test (CAT) CPNS 2014




image picked from:  setkab.go.id/media/article/images/2013/08/27/s/t/stan.png


Anda telah membaca artikel Gambaran Umum Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Computer Assissted Test (CAT) CPNS 2014. Anda boleh mengkopy-paste artikel ini dengan syarat harus mencantumkan sumber artikel. Terimakasih Telah Berkunjung.

Leave a Reply

Silakan komen di bawah ini. Anda dapat memilih mode anonymus jika belum memiliki satu pun jenis akun . Kritik dan saran sangat diharapkan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2010 Belajar Bersama Suffusion theme by Sayontan Sinha. Converted by tmwwtw for LiteThemes.com.