Posting Lama Posting Lebih Baru

Tips Memilih Jurusan di STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan. Oleh karena itu, para lulusan dibekali pengetahuan dan keterampilan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Saat ini Sekolah Tinggi Akuntansi Negara membuka 8 program diploma dengan 6 jurusan yaitu:

Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabean dan cukai  
Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Pajak 
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi 
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Kepabean dan Cukai 
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Pajak  
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Penilai  
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara  
Program Doploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

Lama masa pendidikan untuk Program Diploma III adalah 6 semester sedangkan untuk Program Diploma I adalah 2 semester. Lulusan Program Diploma III akan menjadi PNS golongan 2c sedangkan lulusan Program Diploma I akan menjadi PNS golongan 2a. Kalau saya sih mending milih Program Diploma III saja, secara gaji kan lebih banyak golongan 2c hehe...

Sebagai mahasiswa kedinasan, mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara terikat dengan peraturan  kedinasan itu sendiri, antara lain : 

=> Wajib mengikuti masa ikatan dinas, yaitu selama 3 kali masa kuliah ditambah 1 tahun
=> Harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia.
Jika ingin keluar dari PNS akan dikenakan denda sebesar Rp.30.000.000,-. Setiap lulusan boleh melanjutkan pendidikan di STAN dengan syarat harus bekerja minimal 2 tahun . Lulusan Program Diploma I dapat melanjutkan ke Program Diploma III Khusus. Sedangkan Lulusan Program Diploma III dapat melanjutkan ke  Program Diploma IV. Semuanya tetap gratis .. tis .. tis.

Mungkin diantara teman-teman masih banyak yang galau mau milih jurusan apa yang akan diambil. Namun sebelum sampai ke situ, alangkah baiknya jika kita paham terlebih dahulu bagaimana sistem penerimaan mahasiswa baru di STAN. Saat ini penerimaannya menggunakan sistem gugur dalam arti jika  peserta gagal dalam ujian tahap I (ujian tulis) maka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Untuk tes tertulis sendiri ada 2 macam  jenis soal yang diujikan yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Sistem penilaiannya adalah; benar = +3 , salah = -1 , kosong = 0. Perlu diketahui bahwa syarat untuk diterima di STAN adalah sepertiga dari jumlah soal, baik untuk TPA maupun TBI, harus benar. Untuk TPA minimal 40 soal dan untuk TBI minimal 20 soal harus benar. Jika sepertiga dari jumlah soal sudah benar, Anda akan mempunyai peluang untuk diterima. Nantinya para peserta yang telah memenuhi syarat ini ( sepertiga dari jumlah soal benar) akan dirangking sampai dengan jumlah tertentu untuk selanjutnya berhak mengikuti tes wawancara dan tes kesehatan.
Ilustrasi:



Baiklah, tentang gambaran umum setiap jurusan adalah sebagai berikut:

Akuntansi
Masa kuliah : banyak berhubungan dengan angka-angka, bikin jurnal dan laporan keuangan gitu. Tapi santai saja, pakai kalkulator kok. Namun ya gak hanya akuntansi saja yang diajarkan, ada pelajaran tentang pajak, ekonomi, hukum keuangan negara, auditing, dll. Jumlah mahasiswa superior (angkatan tahun 2010 jumlahnya 1300an / 34 kelas)
Penempatan kerja : bisa ditempatkan di mana saja (flexible) ; Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Jenderal Kementrian Keuangan, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dll.

Perpajakan
Masa kuliah: sebagian besar mata pelajarannya ya tentang pajak gitu meliputi pajak penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dsb. Di jurusan ini juga diajari akuntansi lo, tapi ya gak seextrim di jurusan akuntansi. Banyak juga pelajaran yang lain seperti bahasa inggris, statistik, ekonomi, budaya nusantara, dll. Beban kuliah ya sebanding dengan jurusan akuntansi. Angkatan tahun 2010 jumlahnya sekitar 400an ( 21 kelas).
Penempatan kerja: Sebagian besar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), tapi ada juga yang ditempatkan di BPK, BPKP, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dll.

Kebendaharaan Negara
Masa kuliah: bisa dikatakan paling santai, gak banyak itung-itungan, lebih banyak mempelajari undang-undang, tingkat drop out  nya kecil. Angkatan tahun 2010 jumlahnya sekitar 250an (7 kelas)
Penempatan kerja: terbatas di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Anggaran Perimbangan Keuangan.

Penilai
Masa kuliah: Seperi teknik sipil, jadi ya bergelut dengan matematika dan fisika. Aku juga pernah liat mereka sering pakai alat buat ngitung ketinggian ito loh, gak tahu nama alatnya apa hehe. Mata kuliah yang dipelajari perencanaan kota, teknologi bangunan, ilmu ukur tanah, akuntansi, statistik, hukum, ekonomi dan lain-lain. Semua dipelajari, tapi gak terlalu mendalam. Angkatan tahun 2010 jumlahnya sekitar 35 siswa (1 kelas)
Penempatan: Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
Masa kuliah: Mata kuliah pokok adalah penilaian, pengetahuan lelang, pengurusan piutang lelang negara, hukum perikatan, pemeriksaan dan penyitaan. Mata kuliah pendukung adalah hukum keuangan negara, pengantar ekonomi, pengantar bisnis dan manajemen, hukum administrasi, pengantar perpajakan, dll. Jumlah muridnya untuk angkatan tahun 2010 hanya sekitar 50an ( 2 kelas)
Penempatan: Direktorat Jendral Piutang dan Lelang Negara (DJPLN)

Kepabeanan dan Cukai
Masa kuliah : Inilah jurusan yang paling bergengsi di STAN. Pendidikannya semi militer. Lokasi pendidikannya pun terpisah dari yang lain. Konon yang D III Kepabeanan dan cukai diajari cara menembak juga, waw keren.. Jumlah muridnya untuk angkatan tahun 2010 (Program Diploma III) sekitar 120an ( 4 Kelas)
Penempatan: Direktoran Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Demikian gambaran umum jurusan di STAN versi saya. Saya kira Anda bisa menyimpulkan sendiri akan memilih jurusan yang mana. Yang pasti pilihan harus berdasarkan jurusan yang Anda minati ( jangan ada paksaan ya, hehe..). Kalau saran saya sih pilih jurusan perpajakan atau akuntansi saja. Karena di kedua jurusan itu lapangan kerjanya luas. Namun, diterima di jurusan manapun harus tetap bersyukur. Toh, sama-sama jadi PNS juga. OK !

Anda telah membaca artikel Tips Memilih Jurusan di STAN. Anda boleh mengkopy-paste artikel ini dengan syarat harus mencantumkan sumber artikel. Terimakasih Telah Berkunjung.

117 Responses to “Tips Memilih Jurusan di STAN”

  1. Tahun ini kira-kira yang diterima berapa anak ya?

  2. Kata Dosen ane sekitar 5000 an mahasiswa yang akan diterima, karena memang kementrian keuangan lagi butuh banyak pegawai. Memang sih dosen ane itu orang penting di STAN, tapi pendapatnya juga jangan dijadikan patokan juga ya,,, soalnya yang menentukan kuota kan bukan dosen ane tapi pak mentri ^^

  3. Jadi jurusan akuntansi dan perpajakan bagusan mana kak?

  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  5. Oh ya, di STAN juga tidak mengenal istilah passing grade. Jadi misalkan tahun ini STAN menerima 5000 mahasiswa, maka yang diterima adalah peserta dengan nilai tertinggi ke 1 s/d ke-5000. Setelah ditentukan peringkat ke-1 s.d ke 5000 barulah dilakukan pendistribusian ke setiap jurusan. Peserta dengan nilai terbaik akan mendapatkan prioritas terhadap pilihan jurusan yang sebelumnya telah peseta tetapkan.

  6. kak, prospeknya lebih bagus pajak d1 atau d3 ?

  7. Pertanyaan: kak, prospeknya lebih bagus pajak d1 atau d3 ?
    Jawab:
    lulusan d1 jadi PNS golongan 2a, kalo d3 langsung ke golongan 2c. gol 2c gajinya lebih gede dari 2a. Di dunia kerja pun, lulusan d3 akan mendapatkan posisi yang berbeda dengan d1.
    Kalo menurutku ambil saja yang d3.

  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  10. Mulai tahun 2013, ada 3 kali tes yaitu tes tulis, tes kesehatan dan terakhir tes wawancara. Tes dilaksanakan dg sistem gugur. Namanya jg tes, ya pasti menentukan kelulusan, ada yg lulus dan ada yg tdk lulus.

  11. Prospek gaji trbesar dr jurusan apa bos?

  12. kak nanti pas tes wawancara kita ditanya lagi pilih jurusan apa di stan? Boleh gak kita bilang mau pilih jurusan lain sebagai prioritas?

  13. untuk tahun 2014 saya bisa daftar ga ?

  14. saya belum tahun tahu 2014 akan ada pendaftaran lagi atau tidak. Namun kalo dilihat dari kondisi yang ada, kementrian keuangan memang lagi butuh banyak pegawai.
    Salah satu syarat bagi pendaftar adalah umur tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September pada tahun pendaftaran.

  15. kalo urusan mana yang bagus itu relatif ya, jadi kembali ke pribadi masing2. Sedikit gambaran saja ya,
    Jurusan akuntansi (jurusan gua); pelajaran akuntansi yang diajarkan di sini lengkap banget, referensinya juga buku luar negeri. Buku principle accounting nya saja tebal banget, belum yang intermediet dan advance. Belum lagi di sini di ajarkan masalah auditing, perpajakan & akuntansi pajak. ilmu inilah yang sangat beguna baik untuk sektor pemerintah atau swasta. Jadi kalo ingin resign dari PNS pun, setidaknya sudah ada bekal.

    Jurusan perpajakan. Di sini diajarkan masalah pajak secara mendalam mulai dari pph, ppn dan segala jenis pajak. Nah, ilmu pajak inilah yang mahal karena masih sedikit orang yang benar-benar tahu tentang pajak

  16. tes nya yg harus diplajaridan di prioritaskan apa??? n gmna proses seleksinya..

    makasih...

  17. tes nya yg harus diplajaridan di prioritaskan apa??? n gmna proses seleksinya..

    makasih...

  18. Kak, kalo lulusan smk jurusan akuntansi boleh daftar nggak?

  19. Tes tulis terdiri dr TES POTENSI AKADEMIK dan Bahasa Inggris. Pelajri saja soal soal tahun lalu.
    Pendaftar stan bs dr jurusan apa saja, yg penting sma sederajat

  20. Makasih infonya berguna banget ↑

  21. Kak memang benar tahun ajaran 2014-2015 stan sudah tidak lagi kedinasan?

  22. Kalo setahu saya tidak ada perubahan status untuk STAN dari kedinasan menjadi non kedinasan. Kalo pun ada meski melalui Undang Undang (tdk scr diam diam). Namun mulai tahun 2013, semua lulusan dr perguruan tinggi kedinasan, termasuk STAN, diwajibkan mengikuti Tes Kompetensi Dasar (bagian dr tes cpns). Namun, kita tdk bersaing, cuman harus melampui nilai minimal (kaya ujian gitu lah).

  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  24. Ohh begitu kak. Kalau boleh tau stan tahun ini menampung berapa siswa ya kak?

  25. Wah, kalo masalah itu saya kurang tahu, belum ada bocoran ^^ Tapi kalo diliat dari situasi di kementrian keuangan, lembaga ini lagi butuh banyak pegawai.

  26. Alhamdulillah. Semoga aja tahun berikutnya juga sama ;).
    Ohya kak maaf soal yang tadi, jadi kalau kita nanti nilai tes cpns dibawah minimal bagaimana kak?

  27. Maaf kak, kalau merujuk ke tahun-tahun sebelumnya, biasanya skor minimal untuk bisa lolos yang D3 berapa ya? Makasih

  28. kak maaf,,,ttg jurusan d.stan it d.tentukan phak stan atau sesuai dg pilihannya d.formulir??? lalu apakah benar yang d.pilihan 1 dan 2 it memilih d3 bea cukai dan pajak pluang.ny smakin kecil??? mhon balasannya kak,,,,,

  29. @all. maaf baru bales yah.
    @farah hasna. Kalo tes CPNS tidak lulus, kita diberi kesempatan ngulang 2x. Kalo tetap gak lulus harus bayar Rp. 69,5 juta kalo ingin ambil ijazah
    @fatchur rochman. Nilai USM tidak pernah dipublish. Cuman syarat biar tidak kena nilai mati, sepertiga dari jumlah soal harus benar. Masalah diterima atau tidak ya menyesuaikan saingan. Cuman gak usah takut ya. Emang kamu punya cita2 yang sama dengan ribuan pendaftar lainnya, cuman ada yang membedakan yaitu niat dan usahanya.
    @anonym. Masalah jurusan tidak ada passing grade setiap jurusan. Pihak stan menentukan dulu berapa jumlah mahasiswa yang DITERIMA pada tahun yang bersangkuta. Misal 5000. Jadi pendaftar nilai terbaik 1-5000 diambil. Baru dibagi2 pada tiap jurusan dengan prioritas nilai. Jadi mungkin saja kita dapat jurusan yang sebenarnya tidak kita pilih di formulir. Pendaftar dengan nilai TINGGI diprioritaskan terhadap pilihan jurusannya.

  30. Kalau tahun 2015 gimana ya kak? Diterima brp anak?

  31. Satu pertanyaan lagi, bagaimana dgn anak ipa yang tidak banyak mengerti tntg misalnya akutansi tapi sangat ingin masuk stan?

  32. Mungkin yg perlu diketaui bahwa kuliah itu semuanya dimulai.dari nol. Jadi dari jurusan apapu sma nya tak masalah asalkan mau belajar. Aku saja yg dulu dari smk teknik tak ada kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Alhamdulillah dpt ipk 3 koma hehe

  33. kalo D III itu berapa tahun kak perkiraan kuliahnya ??

  34. kuliah di stan itu kaya SMA dek, jadwal pelajaran dan dosen sudah ditentukan. kalo d3 3 tahun.

  35. Kak klo jurusan perpajakan perhitungannya banyak banget ya?

  36. kak kalau d1 terus kerja, nnt sambil kerja bs kuliah lagi dan naik jabatan egak ya? heheheh makasih :D

  37. sebagai pns kita harus siap dibelenggu dengan berbagai macam peraturan ya :v · salah satu contoh: untuk dapat melanjutkan kuliah lagi minimal.harus 2 tahun bekerja sejak tmt pns (tgl sk pns). ada 3 macam cara untuk kuliah lagi: (1) lanjut d3 khusus di stan biar bisa langsung naik jabatan setelah lulus,tapi ada tes lagi. (2) ijin kuliah. ini atas biaya sendiri dan atas persetujuan kepala kantor. setelah lulus tdk bs langsung naek jabatan. ada tes lagi. tes UPKP. dan tahun kemaren dari sekian peserta yg ikut tes UPKP yang lulus sedikit sekali, di bawah 10%. (3) bea siswa. Nah ini aku kurang tahu, jarang soalnya.

  38. namanya juga fakultas ekonomi dek, jadi hampir semua jurusan di stan termasuk pajak ya mayoritas itung2 an dek. kalo yg mau dikit itungan ambil aja jurusan anggaran (perbend). tapi setelah lulus siap2 ditempatkan di DJPB atau DJA. Kantornya sih katanya di pelosok2 dan juga take home pay nya tidak lebih tinggi dibanding DJP dll :D

  39. Oh makasih kak... oh iya kapan nih penerimaan mahasiswa baru

  40. Kalau bea dan cukai semi militer, apakah orang yang pernah melakukan operasi dalam (seperti operasi usus buntu) boleh daftar kak?

  41. Kak, saya kan domisili di jogja. Nah, kalo lokasi pendidikannya itu ditentuin atau bisa milih, atau ditentuin gimana? Makasih

  42. Kak, bagaimana sistem memilih jurusan di STAN? Apa sama seperti memilih jurusan di SNMPTN?
    Terima kasih.

  43. KA kalo perempuan masuk bea cukai man hanya bisa d1, kalo pengen lanjut d3 kedepannya gimana?

  44. Anonim (about operasi). Sepertinya kalo bekas usus buntu gak papa karena tidak mengganggu tugas kita sebagai pelayan masyarakat, kalo misal gak punta tangan/ kaki itu yg jadi masalah karena kan sangat mengganggu
    Rani Satiti s. Penentuan Lokasi pendidikan itu jadi wewenang penuh STAN. Kita gak tahu mau ditempatkan di mana. gak bisa diprediksi
    Theresia Melisa. Penentuan jurusan di STAN TIDAK SAMA dengan SNMPTN. coba baca lagi tulisan saya di atas.
    Tya Herbayanti. Kalo pengen lanjut D3 harus nunggu kerja 2 tahun dulu sejak SK PNS turun. nanti bisa lanjut d3 di STAN lagi gratiss, program D3 khusus namanya

  45. Kak di stan setiap tahunnya ada yg kena DO ga?

  46. namanya juga ribuan mahasiswa dek. Dari sekian ribu itu selalu ada aja satu dua orang yg "nakal". Kalo "nakal" harus di D.O

  47. INFO: Kalau ada pihak-pihak yang menawarkan bantuan untuk bisa meloloskan kalian dalam mengikuti USM STAN, itu semua PENIPUAN. Untuk masuk STAN itu GRATIS. Penerimaan mahasiswa STAN untuk DI dan DIII hanya menggunakan 1 jalur yaitu USM STAN (tidak ada jalur lain baik beasiswa, PMDK, kerja sama dengan SMA/SMK, kerja sama dengan Badan Pemerintah, dlsb)
    Pesan ini yang beredar di internet dan merupakan PENIPUAN:

    KISAH PERJUANGAN DAN PENGORBANAN MASUK Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

    Saya Akan Perkenalkan Diri Saya
    Nama: Alhadi
    Asal Daerah: Bengkulu
    Lulus Stan Tahun Ajaran 2013/2014

    Dari sinilah saya selalu mencari informasi dari beberapa teman dan sahabat saya untuk memberikan masukan serta arahah agar aku bisa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Akhirnya saya diberikan Salah satu teman dari teman saya memberikan Saya NOMOR HP untuk saya Hubungi, hingga saya langsung menghubungi No HP tersebut, aku menelepon No HP itu sebanyak 2 kali baru bisa terjawab, akhirnya saya berbicara dan menyampaikan keluhan saya selama ini.

    Dia merespon pembicaraan saya dan saya diberi petunjuk Untuk mengikuti 1 kali tes lagi, tapi bukan melalui jalur masuk USM STAN. Dan Penyampainyan beliau. begini kalau memang adik mau saya bantu dengan janji kelulusan, maka saya akan bantu, tapi dengan 1 catatan adik harus menuruti apa yang akan nantinya saya arahkan, DAN SAYA JAWAB Dengan sangat senang hati saya SIAP, akhirnya beliau menyuruh saya MENGIKUTI JALUR KEBIJAKAN/KEKELUARGAAN. Dan Saya jawab bukankah STAN.

    Memiliki 3 Jalur Masuk:

    1. Jalur Masuk USM STAN
    2. Jalur Masuk Beasiswa BPKP STAN
    3. Jalur Masuk Melalui Badan Kepemerintahan Perpajakan dan Keuangan.

    katanya YA benar apa adik sampaikan. Dan mengenai jalur KEBIJAKAN memang tidak ada tertera dari salah satu dari 3 jalur masuk STAN. Jalur kebijakan adalah dimana dengan kata lainnya bisa di artikan sebagai jalur kekeluargaan. Dan Saya Kembali Bartanya kpd beliau, apakah ada biaya yang harus saya bayar untuk bisa masuk jalur kebijakan itu. Jawab beliau ya ada, saya balik bertanya berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan dan apakah saya mendapat jaminan kelulusan bisa masuk Di STAN, beliau menjawab mengenai biaya yang harus adik keluarkan itu ada dan kelusan adik dijamin 100%. Tetapi adik tidak usah khawatir, saya bisa meluluskan adik dengan pembayaran yang tidak memberatkan hanya sebesar Rp. xxxxxx, saya menjawab bukankah biaya itu sangat sedikit, untuk bisa masuk jalur kebijakan, Ya adik memang benar apa yang adik bilang,

    Dan saya jawab kalau biaya segitu pastinya saya sangat mau. Singkat cerita, hingga akhirnya berkat bantuan beliau, akhirnya saya dinyatakan LULUS masuk di STAN, yang saya idamkan dan yang membuat saya sangat kaget ternyata saya tidak mengikuti teks sama sekali, tetapi saya hanya dibekali kartu TEKS saja. Dan itu menjadi rasa syukur yang amat mendalam bagi saya.

    Dan darisinilah saya mengetahui kalau orang yang membantu saya hingga LULUS, ternyata adalah Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN) PUSAT, Dia Adalah Kepala Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN)
    Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
    Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten
    Akhmad Priharjanto, SE, M.Si.
    Ini No Hp BELIAU.
    XXXXXXXXX

  48. cerita kakak itu benar-benar terjadi??? atau hanya karangan kakak aja ? kalau benar mohon bantuan juga dong kak, saya tamatan tahun lalu dan tahun ini tahun kedua saya mengikuti stan...

  49. saya dari kalimantan selatan, sangat ingin bisa masuk STAN sekolah yang sangat saya impikan dari dulu, sekarang saya kelas 3 SMA jurusan IPS.
    mohon bantuannya ka ..

  50. Ka saya ini kan skrg udh kuliah di fisika unpad, tapi saya nyesel thn ini ga ikut stan. Kira2 klo thn dpn bisa ikut ga ya? Trs mnrut pndapat kaka apa saya bisa ngikutin mata kuliah nya? Krna kan saya basic fisika ipa bgt gitu lah istilahnya. Mnrt kaka aku pindah apa ngga ya? Saran nya aja. Makasih.

  51. kak, maksud kalo tes cpns ga lolos denda 69jt itu gimana ya? apa mhssw stan ikut tes cpns dan harus lolos tes? ikut sampe 2x kalo ngga lolos tetep denda gitu kak? ngeri yah. oh iya tentang kebendaharaan negara itu prospeknya terbatas ya?kira kira yg prospek kerjanya luas di stan apa ya kak.. Satu lagi kak mata saya min kak, lumayan min nya. Kira kira bisa masuk stan ngga ya.. mohon kak balesnya

  52. Saya pastikan saya mencoba menulis apa yg telah saya alamai serta berbagai informasi yg saya ketahui. Tujuan saya menulis ini adalah sebagai ajang "sharing" saja, so buat apa coba harus bohong..apa untungnya buat saya haha

  53. Monggo.. Intinya harus banyak2 latihan kalo perlu ijut bimbingan belajar

  54. Salah satu syarat masuk stan usia max 20 tahun kalo gak salah, jadi jika umurnya masih nyampe bisa2 aja donk. Kuliah itu dimulai dari nol, jadi jangan kawatir..Rata2 emang mahasiswa stan dr jurusan IPA.
    Semua ada plus dan minusnya dan kembli ke pribadi masing2, mungkin perlu dipertimbangkan antara biaya,masa depan, terikat aturan, kebebasan, dll

  55. 1) denda..
    Denda itu emang diterapkan sebagai pengganti biaya kuliah (untuk ambil ijazah) jika mereka gak lulus tes TKD atau mereka yg resign.. Tapi jangan kawatir.. Hadapi saja yg ada di depan mata, lulus USM aja belum masa udah mikir TKD hehe,tenang saja ada mekanisme khusus bagi kita anak stan yg ikut TKD, jadi jika tidak lulus itu benar2 kebangetan
    2) perbendaharaan
    Perbendaharan rata-rata penempatannya di Direktorat Anggaran dan Perbendaharaan. Kalo pengen prospek kerjanya luas ambil jurusan akuntansi saja kalo gak jurusan perpajakan
    3) mata minus
    Sepanjang saya tahu, gak ada masalah mata minus berapa kecuali jika pengen masuk jurusan bea cukai ya.

  56. Kak, tinggi badan minimal 165 cm itu emang cuma program studi bea cukai atau seluruh program studi yang di STAN? Tinggi saya ga sampai 165:(

  57. Persyaratan yg pake tunggi badan cuman bea cukai, lainnya enggak

  58. Kalo untuk asrama, apa seluruh program studi di stan memiliki itu kak?

  59. Untuk saat ini tidak ada asrama, semua jurusan sama

  60. Jadi pulang-pergi sekolahnya?

  61. Kak klo pingin kerja di pertamina bag keuangan kira2 stan mendistribusikan lulusannya ke situ nggak?

  62. Kak, di jaman pak Jokowi ini kan PNS dibatasi. Saya pernah baca suatu sumber, katanya dari 5000 lulusan STAN hanya 3000 yang diterima. Lalu lulusan yang tidak diterima sebagai PNS bagaimana kak?

  63. Maaf ka mau Tanya kira2 apa saja yang d tnykan dlm tes wawancara?

  64. Coba dicari di posting saya yang laen

  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  67. Kak mau tanya kalau dikolom skala prioritas baiknya di isi dengan semua? Atau boleh hanya dengan yang saya paling inginkan saja. Mohon di jelaskan kak. Terimaksih

  68. min,numpang nanya dong,kalau penentuan daerah BDK untuk kuliahnya gimana sistemnya? soalnya pas pendaftaran kitakan tidak memilih lokasi buat kuliahnya.
    terima kasih mohon dibalas yaaaaa

  69. Kak, kalau jurusan penilai, prospek kerjanya gimana ya kak?

  70. kak boleh minta no hp bpk Akhmad Priharjanto, SE, M.Si., mohon bantuanya kak agus

  71. kak boleh minta no hp bpk Akhmad Priharjanto, SE, M.Si., mohon bantuanya kak agus

  72. Kak, ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :
    1) Bentuk tes kesehatannya bagaimana ?
    2) Apakah kita harus melewati batas nilai tertentu atau nilai kita harus lebih tinggi dari semester sebelumnya agar tidak di DO ?
    3) Diantara akuntansi dan perpajakan, jurusan mana yang lebih besar peluang masuknya ?
    Mohon penjelasannya,Trims

  73. Kak, ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :
    1) Bentuk tes kesehatannya bagaimana ?
    2) Apakah kita harus melewati batas nilai tertentu atau nilai kita harus lebih tinggi dari semester sebelumnya agar tidak di DO ?
    3) Diantara akuntansi dan perpajakan, jurusan mana yang lebih besar peluang masuknya ?
    Mohon penjelasannya,Trims

  74. Kak,apa benar jika sudah ketrima dSTAN dan tidak di masukin kita kena denda 30jt?

  75. @ibeth. Coba baca komen2 di atas. Sudah ada yg bertanya seperti yg kamu tanyakan
    @anonim. Berita itu sama sekali tidak benar

  76. @ibeth. Coba baca komen2 di atas. Sudah ada yg bertanya seperti yg kamu tanyakan
    @anonim. Berita itu sama sekali tidak benar

  77. Lulusan smk teknik bolehkan mendaftar PKN STAN? Mohon infonya ya kak soalnya banyak yang bilang cuma jurusan smk yang relevan aja yang dibolekan mendaftar PKN STAN seperti SMK AKUNTANSI. Terimakasih

  78. kak ada persyaratan khusus gak buat perempuan yang daftar di jurusan bea cukai?

    thanks.

  79. Klo sdh diterima di bea cukai...krn pernah patah kaki...apakah bs pindah ke pajak atau yg lain? Mksh

  80. Kak, kalo D1 Bea Cukai kuliahnya di Bintaro atau Rawamangun?

  81. Tukeran aja sm aku sinih...

  82. kak,jurusan bea cukai itukan pake semi militer,apa ada tes fisiknya nggk untuk jurusan bea cukai ini?

  83. pa saya mau nanya tentang persyaratannya jadi klo misalnya sudah lulus memang sudah pasti dapat pekerjaan pa, makasih

  84. Kak, saya kan niat bgt yah masuk stan, pokoknya jurusan apapun siap , tapi ada kendala, gigi saya itu ada yg berlubang, nanti pas tes kesehatan gimana kak

  85. Duh..stan itu bukan militer kaya tentara. Jadi tes kesehatannya tidak detail sampe pada gigi, mau gigi berlubang atau ompong sekalipun Insya Allah tidaklh jadi masalah. Tetep semangat

  86. Kak kalo misalnya nilai saat tes tertulis orang satu dan orang lainnya sama,itu diperingkat nya berdasarkan apa? Apakah berdasarkan abjad atau umur? Trus kalo misalnya yg diambil peringkat 1-5000,nah yg peringkat 5000-5001 itu nilainya sama,itu yg 5001 nya gugur atau tetap lulus?

  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  88. Mantap..logikanya mantap. Cuman kalo itu saya tidak tahu teknik apa yg digunakan untuk pertimbangan. Cuman kalo menurut saya pribadi yg pasti bukan abjad karena tidak etis. Mungkin yg ada pertimbangan lain yg lebih fair misal proposrsi nilai bahasa inggris, TPA, atau TKD

  89. Kak tahun ini kapan penyeleksiannya diadakan? Satu lagi ka, mending perpajakan apa akuntansi? Minta sarannya:)

  90. Kak, di jaman pak Jokowi ini kan PNS dibatasi. Saya pernah baca suatu sumber, katanya dari 5000 lulusan STAN hanya 3000 yang diterima. Lalu lulusan yang tidak diterima sebagai PNS bagaimana kak?

  91. Kak, di jaman pak Jokowi ini kan PNS dibatasi. Saya pernah baca suatu sumber, katanya dari 5000 lulusan STAN hanya 3000 yang diterima. Lalu lulusan yang tidak diterima sebagai PNS bagaimana kak?

  92. kak,,saya gak jago hitung-hitungan,,tapi pilihan saya menjurus ke akutansi dan perpajakan.enk nya gimana kk?? dan enaknya saya masuk ke jurusan ipa atau ips ya??,,mksh

  93. Kak , kalo punya mata minus masih bisa masuk STAN?

  94. Belum tahu ya kapan. Biasanya tidak jauh dari SNMPTN

  95. Sumber dari mana? Tolong diklarifikasi lagi. Kalo lulus STAN pasti jadi PNS

  96. Kalo akuntansi itu gak perlu jago hitungan, cuman butuh ketelitian dan ketlatenan, ujian juga pake kalkulator. Beda ya matematika sama akuntansi.Kalo jurusan pajak itu juga gak kaya matematika, hitungan juga gak banyak. Perpajakan lebih ke pemahaman terhadap aturan perpajakan (UU KUP, PPh, PPN), sama yg dibutuhkan hanya ketelitian tapi kalo perpajakan hafalan ny harus kuat.

  97. Bisa bnget. Kecuali untuk jurusan bea cukai nanti dilihat dulu minus berapa

  98. Bisa bnget. Kecuali untuk jurusan bea cukai nanti dilihat dulu minus berapa

  99. Sebelumnya terimakasih ka atas infonya. Saya mau tanya, apa soal usm untuk semua jurusan yang dipilih sama kan baik d1 atau d3? Trus ka gimana sih caranya kalau kita udh selesai wjib kerja bisa jadi guru di STAN? Ka apa bisa kita lulus usm STAN hanya dengan mengejar nilai mati?

  100. Kak untuk masalah DO, biasanya mahasiswa seperti apa yg bisa "terancam " DO?
    Makasih kak

  101. Mereka yg DO rata rata adalah pertama, menyangkut pelanggaran disiplin ex: tidak masuk kampus lebih dari jangka waktu yg diperbolehkan, mencontek saat ujian. Kedua, karena nilai nya (indek prestasi) dibawah standar yg telah ditetapkan

  102. -Soal USM sama untuk semua jurusan
    -Tergantung nanti kamu penempatan di instansi apa, kalau penempatan di BPPK bisa jadi dosen tetap STAN
    -Tergantung saingan, karena nanti akan dirangking

  103. Kak,Daftar di STAN langsung kekampusnya?

  104. Kak klo mau masuk jurusan pajak, sma lebih baik ngambil ipa atau IPS ya?

  105. Kak tes tulis itu lebih baik di jawab semua apa harus nilai mati itu? Terus yang di tanya waktu tes wawancara itu apa aja?

  106. Kak..klo tes STAN khususnya tes fisik itu semua jurusan (pajak,akutansi,bea cukai) apa sama? Cuma disuruh lari 12 menit sama shuttle run/angka 8?..makasih..

  107. kak spesialisasi di stan itu pada saat pembelajarannya apakah lebih banyak menghapal atau lebih banyak menghitungnya kak? makasih

  108. Kak, akuntansi sama pajak, tingkat DO-nya tinggian mana?

  109. Kak itu kan bea cukai semi militer nah sistem belajar mata kuliahnya bisa pulang pergi atau seperti akpol/akmil?

  110. Kak mau nanya kalo agak sedikit lemah di bhs inggris lebih baik milih akuntansi atau pajak?makasi

  111. iya saya juga lemah di bhs inggris

  112. iya saya juga lemah di bhs inggris

  113. iya saya juga lemah di bhs inggris

Leave a Reply

Silakan komen di bawah ini. Anda dapat memilih mode anonymus jika belum memiliki satu pun jenis akun . Kritik dan saran sangat diharapkan. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2010 Belajar Bersama Suffusion theme by Sayontan Sinha. Converted by tmwwtw for LiteThemes.com.